Cara Mendownload dan Print Slide Materi Training

Berikut saya paparkan cara memperoleh materi training dari slides yang ada di blog ini. Maklum saya menggnakan Google Docs yang masih sangat baru, Beta Version, sehingga belum banyak yang mengenalnya apalagi mengencaninya. Padahal gratis lho, dan bisa bagai pakai (shareabe) dan collaborativable (bisa dikerjain secara kroyokan), bisa untuk distance learning (ini sudah sering saya gunakan ketika tidak bisa secara fisik hadir)  dan lain-lain. 

Ini saya promosikan sebagai balas jasa sama Google yang memfasilitasi secara gratis kebutuhan saya itu, termasuk blog ini. Hmmm, Google memang .... baik hati ( samapai sejauh ini, entah nanti)

Ok, kita mulai, caranya mudah saja:
  1. Klik icon "kotak dalam kotak" yang ada di bagian kiri bawah slide, dan anda akan mendapati halaman presentation
  2. Lihat di bagaian kanan bawah halaman itu, ada tulisan kecil "Print slides". Klik saja tulisan itu dan anda akan menemukan halaman untuk download ke Pdf atau langsung print jika anda mau.
  3. Di bagian kanan tayangan ada tulisan "Layout" dan dibawahnya ada pilhan jmlah slides yang ingin dimuat dalam setiap halaman yang akan anda print atau download ke Pdf.
  4. Setelah itu lihat kotak sedikit dibawahnya dimana ada opsi mau pakai background atau tidak. Sebaiknya beri tanda centang (pakai background) karena kalau slides presentasi itu berasal dari upload (banyak slides yg sudah saya buat sebelum ada Google Docs) seringkali ada info yg dianggap sebagai background oleh Google Docs seingga akan ikut dihilangkan.
  5. Sekarang tinggal klik saja, mana yang anda maui, print atau save ke Pdf. Pasti mau dua-duanya kan?
Selamat mencoba!

BTW, kalau anda mau softcopynya silakan kontak saya. Alamatnya tahu, kan? Lihat saja di 'About me' atau Klik saja disini.

No comments:

Post a Comment

Silakan menuliskan komentar anda di kolom yang tersedia dibawah ini