Tentang Diri saya

Well, nama Lengkap saya Hillon I. Goa
Di sebelah kiri itu adalah foto saya 15 tahun yang lalu saat saya masih di BP7 alias Bapak Pergi Pagi Pulang Petang Peghasilan Pas-Pasan.

Nah, tampang saya saat ini bisa anda 'kagumi' (wuuu..ee..ekk!) di bagian bawah halaman ini.

Berikut adalah profil makhluk yang namanya Hillon, nama yang memang tak ada duanya di Indonesia! Kalau di Spanyol dan Amerika Latin kami punya grup dengan nama ini:

Nama lengkapnya Hillon Iswanto Goa. Pria berdarah Flojo (Flores – Jowo) ini lahir di Ruteng, Flores namun menghabiskan masa kecilnya  di Newyork - arto Hadiningrat alias Jogja, mas.. Selepas menamatkan studinya di Teknik Industri – ITB ia banyak berkecimpung di berbagai organisasi bisnis, pemerintah maupun lembaga-lembaga sosial. Memulai karirnya di PT. Astra International Inc. ia ditugaskan pada Team manufacturing Astra, sebuah kelompok yang bertujuan meningkatkan local content dari perakitan murni menjadi pembuat sendiri kendaraan bermotor.

Ketika diminta bergabung dengan BPP Teknologi, Hillon – begitu ia biasa dipanggil- ditempatkan di Tim Pelaksana dan Pengelola Industri Strategis yang bertugas membentuk Holding Company BUMN yang dikelompokkan dalam industri strategis, yakni Badan Pengelola Industri Strategis (BPIS). Di lingkungan badan yang dipimpin Habibie ini, Hillon pada usia di bawah 30 tahun dipercaya menjabat di tingkat eselon II sebagai Kepala  Biro Pengembangan SDM dan Sistem Manajemen Industri Strategis. Di BPIS inilah ia memperoleh kesempatan yang luas bekerjasama dengan berbagai institusi internasional dan perusahaan berkelas dunia antara lain General Electric. 

Penulis buku "Semua Orang Bisa Hebat" (Grasindo,Gramedia Group, 2007) atau SOBAT yang kini melahirkan berbagai produk training berlabel SOBAT ini, banyak menimba ilmu di perusahaan raksasa AS itu.

Bersama GE ia mengembangkan program pelatihan  untuk para eksekutif BUMN Industri Strategis serta memperkenalkan berbagai management tools al. six sigma, balance score card, change management program dan bermacam-macam best practices untuk diterapkan di lingkungan industri strategis maupun BUMN yang lain. Bersama Nijenrode University, Holland, ia mengembangkan program khusus MBA Internasional di Belanda untuk membekali para calon pimpinan BUMN Industri Strategis, yang notabene sarat teknologi, dengan kemampuan mengelola entitas bisnis.

Ia pernah pula diberi tugas sebagai Kepala Pusat Dinamis Change Management Center, Wakil Koordinator Pendidikan Sistem Ganda, anggota Dewan Ketenagakerjaan Nasional, Dewan Komisaris PT. LEN Industri bahkan Ketua Koperasi Kinstra.

Pada awal pembentukan kementerian BUMN ia ditugaskan dalam Tim Pembentukan Institut Pengembangan Kepemimpinan Korporasi (CLDI - Corporate Leadership Development Institute) sebuah lembaga yang bertugas mengembangkan kompetensi para eksekutif BUMN dalam mengelola dan memimpin perusahaan mereka menyongsong perubahan-perubahan dahsyat era globalisasi.

Selepas dari BPIS, Hillon memutuskan untuk berkarya bebas sebagai  management trainer & consultant dan sekarang banyak berkecimpung dalam program-program Change Management, Leadership in Crisis, Business Transormation Program serta High Performance Team Building dan tentu saja Ke-Teknik Industri-an.
(Anda bisa lihat dari slides materi pelatihan maupun produk-produk training-nya)

Bekerjasama dengan PT. Prima Kompetensi, PT. Daya Makara Universitas Indonesia, Sinergi Inc Consulting, PT. Humanika Consulting, PT. Inspira Visi Indonesia, Asia Global Consulting dan banyak lagi yang lain, Hillon aktif mendukung program Pelatihan bagi karyawan maupun eksekutif bisnis maupun Pemerintah, darin industri kelas kaki lima hingga multinasional corporation.

Tak ayal, di musim menjelang Pemilu 2009 dengan berjibun partai politik, Hillon banyak diminta membantu berbagai partai (besar aupun gurem) dengan memberkan pelatihan kepada para kader mereka serta menyusun strategi pemenangan pemilu.

"Hitung-hitung berbagi pengetahuan kepada sesama warga bangsa dan warga dunia," katanya.

Jangan lupa pula kalau Hillon adalah seorang Blogger yang cukup aktif terbukti dengan sejumlah blog yang dikelolanya (blog yang anda baca ini salah satunya), antara lain:

Lihat Produk Training Hillon I. Goa disini.

Tampang Hillon I. Goa saat ini. Biar Jelek Asal Narsis! Silakan Mengagumi tapi jangan dikultuskan, nanti Musyrik lho! (eiiit, jangan muntah disini!)





1 comment:

  1. Halo Salam SOBAT pak Hilon, ingin mengetahui lbh jauh ttg Transformasi khususnya di Perguruan Tinggi Swasta di jakarta. Jika berkenan boleh Saya dikirim email ttg profil anda dan company-nya ? my email: sonny.soeharso@gmail.com dan WA 0818951738. Atas perhatian dan perkenannya disampaikan terimakasih. Salam Sonny Soeharso

    ReplyDelete

Silakan menuliskan komentar anda di kolom yang tersedia dibawah ini