Scenario Planning In The Information Age

Scenario Planning adalah sebuah pendekatan pikir (thinking tool) untuk memperkirakan masa depan suatu organisasi dalam suatu keadaan yang tidak pasti dengan memperhatikanhal-hal yang paling penting atau paling memberikan pegaruh besar. Berbeda dengan perencanaan atau forecasting yang memerlukan data-data akurat, Scenario Planning (SP) tidak memerlukan data-data seperti itu karena SP berbicara tentang membuat pilihan saat sekarang dengan pemahaman atas atas bagaimana hal itu bisa terjadi. Scenario planning is about making choices today with an understanding of how they might turn out.

Simak apa yang dikatakan Kees Van Der Hejden tentang SP: "SP membebaskan perencanaan dari prediksi tradisional dan pendekatan yang terkendali. SP bukanlah perkiraan yang akurat melainkan alat pikir (thiking tools)".  Scenarios liberated planning from the traditional predict and control approach. They are not accurate forecasts, they are, as Kahn said, thinking tools. Kahn adalah salah satu pelopor Scenario Planning.



SP sangat perlu ketika dunia sekarang memasuki perubahan yang begitu cepat dan bersifat turbulensi dengan tingkat ketidakpastian yang semakin tinggi. Dua hal utama yang menjadi telaahan adalah faktor-faktor yang paling berpengaruh serta tingkat ketidakpastian. 

SP berkembang pesat saat dunia memasuki era informasi dimana teknologi informasi sebagai pelopor kemajuan dan perubahan besar kehidupan manusia semakin hari kian berkembang semakin cepat anpa seoranpun bisa memperkirakannya secara lebih pasti.

Slides presentasi ini cukup lengkap dan detil menjelaskan SP mulai dari sejarah kemunculannya hingga langkah-langkah untuk membuatnya.

Selamat Mempelajarinya!

No comments:

Post a Comment

Silakan menuliskan komentar anda di kolom yang tersedia dibawah ini