Towards New Destination - Awareness

Reformasi yang terjadi di Indonesia  menuntut perlunya dilakukan Transformasi di segala aspek kehidupan bangsa ini. Kata transformasi mengandung pengertian perubahan yang Strategik, Mendasar dan Menyeluruh, bukan sekedar perubahan tetapi masih dalam tatanan yang lama. 

Seperti halnya metamorfosa dari berudu menjadi katak ataupun dari ulat menjadi kupu-kupu. Kedua jenis binatang itu mengalami perubahan yang sangat drastis, bukan hanya bentuk fisik yang berubah total tetapi juga cara hidup dan sifat. Ulat yang buruk rupa dan bersifat merusak menjelma menjadi kupu-kupu indah yang berguna, membantu penyerbukan. Berbeda halnya dengan sekadar perubahan dari gudel (anak kerbau) menjadi kerbau.

Dalam organisasi, perubahan yang Strategik menyangkut prubahan total dalam VISI, sedangkan perubahan Mendasar berkenaan dengan Tatanan Nilai, paradigma, sikap dan perilaku. Adapun perubahan Menyeluruh berkaitan dengan segala aspek dalam sistem pengelolaan (management system). Ketiga perubahan total itu terintegrasi satu dengan yang lainnya tanpa boleh berdiri sendiri secara parsial. Anda tentu tidak bisa membayangkan seekor ulat yang berubah sifat membantu pernyerbukan hanya dengan merayap terseok-seok, bukan?




Karena itu pelatihan dan PROGRAM Awareness Towards New Destination ini merumuskan ketiga aspek utama itu dalam konsep The Winning Formula (Strategik), The Success Model (Mendasar danMenyeluruh) serta The Measurement System (Menyeluruh).

Setelah memahami Awareness ini kita akan membahas PROGRAM TRANSFORMASI ORGANISASI, dengan langkah-langkah nyata (applied) dan sistematis agar reformasi benar-benar terwujud. Sekedar peringatan, bahwa perubahan seperti ini memerlukan terpenuhinya prasyarat sukses serta keberanian untuk melakukan dua pekerjaan sekaligus yakni pekerjaan saat ini sertapekerjaan mempersiapkan masa depan yang berbeda total.

Ingat juga bahwa "Improvement Starts With I"  and not with U.

Silakan mempelajarinya!
Dan jangan ragu untuk mengontak saya bila ada yang perl anda diskusikan.
Salam SOBAT!


No comments:

Post a Comment

Silakan menuliskan komentar anda di kolom yang tersedia dibawah ini